Kamis, 09 Juli 2015

Pemeriksaan Arsen




Alat :
-        Tabung  Erlenmeyer  khusus
-        Tri-Filter Arsenic Trap
-        Hydrogen Sulphide Removal filter
-        Filter slide hitam (untuk test arsen)
-        Filter slide merah
-        Tabung pengencer
-        Arsenic Colour chart - wagtech

Bahan :
-        Kertas saring Arsenic test  (berlabel hitam)
-        Kertas saring removal (berlabel merah)
-        Reagen A1 ( powder sachet)
-        Raegen A2 (Tablet A2)
-        Contoh air
-        Aquadest
-        Tisue pembersih

Cara Kerja ;
-        Ambil Hydrogen Sulphide Removal filter  dan pasangkan pada tempatnya di  Tri-Filter Arsenic Trap
-        Ambil Kertas saring Arsenic test   dan pasangkan pada Filter slide hitam. Kemudian masukkan pada tempatnya (lubang bagian bawah) di Tri-Filter Arsenic Trap
-        Ambil Kertas saring removal   dan pasangkan pada Filter slide merah. Kemudian masukkan pada tempatnya (lubang bagian atas) di Tri-Filter Arsenic Trap
-        Masukkan contoh air (sample) yang mengandung Arsen kedalam tabung erlenmmeyer sebanyak 50 ml  tepat  pada garis skala.
-        Masukkan satu sachet tepung reagent A1  kedalam Erlenmeyer. Hati-hati masukkan  reagent Tablet A2. terdengar suara mendesis – mendidih.
-        Segera pasang (tutupkan) Tri-Filter Arsenic Trap pada  mulut tabung Erlenmeyer. Penutupan harus bener-benar rapat. Biarkan  selama 20 menit agar reaksi dapat berlangsung sempurna.
-        Lepaskan Filter slide hitam  dari Tri-Filter Arsenic Trap. Cocokkan warna kertas saring Arsenic test dengan Arsenic Colour chart – wagtech. Baca  kadar Arsen  pada  chart dimaksud.
-        Hasil pembacaan menunjukan kadar Arsen dalam satuan ppb (part per billion) atau mg/L.
-        Apabila hasil pemeriksaan melebihi 500 mg/L, maka lakukanlah pengenceran sample  dengan aquadest.
-        Apabila  hasil pembacaan / pemeriksaan  < 100 mg/L, dapat digunakan  Wagtech Arsenator digital untuk memperoleh hasil pembacaan yang lebih akurat.
-        Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan  Filter slide hitam  yang telah diperlakukan sebagaimana diatas, pada lubang pemeriksaan di Wagtech Arsenator digital.
-        Perhatikan, apabila indicator low battery pada  arsenator menyala, segera ganti dengan battery yang baru.  Penggantian bateray  harus dilakukan setiap dipakai 10 kali test.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar